KULIAH UMUM NASIONAL JURUSAN JAMU TAHUN 2021

KULIAH UMUM NASIONAL JURUSAN JAMU TAHUN 2021

Category : Commercialization

Hari/Tanggal   : Senin, 31 Mei 2021

Waktu             : 08.00 WIB-Selesai

PEMBAWA ACARA OLEH MAHASISWA JURUSAN JAMU

  1. Ahmad Fauzi Khair
  2. Sinta Mulia

NARASUMBER

  1. Husen Ahmad Bajry, M.D., PhD dgn Moderator Irzal Fandi D., A.Md
  2. apt. Indri Kusuma Dewi, S.Farm., M.Sc dgn Moderator Mey Rachmawati, SKM
  3. apt. Maya Septriana, S.Si., M.Si dgn Moderator Bunga Azka Salsabila A.

SUSUNAN ACARA

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  3. Sambutan Ketua PPKTKTI
  4. Pemaparan Materi Narasumber I
  5. Pemaparan Materi Narasumber II
  6. Pemaparan Materi Narasumber III
  7. Penyerahan e-sertifikat
  8. Foto bersama
  9. Penutup

KEGIATAN SUSUNAN ACARA

  • Pembukaan bacaan basmallah bersama-sama
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  • Sambuatan oleh Prof. Dr. Ir Suhariningsih

Pemaparan materi narasumber I Husen Ahmad Bajry, M.D., PhD dengan tema Tubuh Anda adalah Dokter Terbaik dalam Konsep Pelayanan Holistik.

Daftar pertanyaan antara lain :

  1. Vera Ernawati : Apakah jamu bisa bikin umur panjang dan awet muda? Kalau untuk proses pengolahan jamu kalu untuk produksi besar apakah proses uleg dan tumbuk bisa digantikan proses lain yang lebih efisien. Selain diblender, Supaya senyawa bioaktif tidak teroksidasi selama proses penghancuran? Apakah ada jamu yang bisa melawan demensia dan penuan? Berikan contohnya
  2. Agus Winarso : Mengapa gangguan pencernaan dapat sebabkan sakit kepala, terapinya?
  3. Fandri Aliva Reviana : Bagaimana cara mengurangi ketergantungan obat?
  4. IB Wiryanata : Mohon penjelasan apakah tubuh ini juga laboratorium? Ini kami simak dari penjelasan bapak yang mengatakan tubuh itu dokter
  5. Ni Luh Mode Dwi Kartika : Jika hasil lab kolesterol dan trigliserida saat ini menunjukan nilai yang tinggi, apakah tetap kita minum obat kombinasi dengan ramuan herbal?atau bisa kita konsumsi herbal saja, ramuan apa apa yang baik/ bagus untuk kolesterol yang tinggi?
  6. 4A_Anggun : Dikondisi kolesterol maupun gula darah sudah stabil tetapi sakit kepala masih sangat terasa, bagaimana cara kita mengatasinya?
  7. Istiara Subekti : Saya menderita hiperkolesterol dan hipertiroid, apakah obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi komplikasi tersebut sedangkan setiap hari harus mengkonsumsi obat anti hipertiroid
  8. 2A_Amanda : Apakah diet vegetarian mendukung produksi proterin pada tubuh?
  9. Agus Winarso : Bagaimana mencegah dan terapi covid di RS bapak, berapa hari dapat sembuh? Mengapa tiongkok sukses mengendalikan covid, bagaimana tiongkok dapat mencegahnya?

Pemaparan materi narasumber I apt. Indri Kusuma Dewi, S.Farm., M.Sc dengan tema Fitofarmasetika untuk Kebugaran

Daftar pertanyaan antara lain :

  1. Agus Winarso : Lebih baik mana untuk dibuat farmasetika bentuk ekstrak yang kering, cair atau kental, mengapa? Bagaimana ekstraksi sambiloto yang praktis untuk dibuat dan digunakan rakyat untuk meningkatkan imun? Apakah sambiloto, karena dapat meningkatkan imun, bisa dikatakan berkhasiat kebugaran?
  2. Ayu R : Apakah dapat disimpulkan bahwa jamu godogan juga merupakan bentuk ekstrak? Sebelumnya dipaparkan bahwa dalam formulasi dihindari beberapa esktrak dengan aktivitas farmakologi yg sama, bagaimana dengan jamu di masyarakat?yang sering kali menggunakan beberapa bahan alam secara bersamaan dengan aktivitas farmakologi yang sama, Apakah tetap boleh dan aman dan agaimana interaksinya? Bagaimana mengkombinasikan bahan alam untuk jamu dengan menyesuaikan takaran masing-masing bahannya?
  3. Wenny Agustina : Apakah echinacea bisa untuk kebugaran tubuh?kenapa echinacea dalam bentuk tablet imboost tidak boleh dikonsumsi lebih dari 2 bulan?
  4. Yanti Zhilin : Apakah ada jamu yng bisa digunakan sebagai kapsul atau teh?

Pemaparan materi narasumber I apt. Maya Septriana, S.Si., M.Si dengan tema Efektifitas Akupunktur dalam Terapi Dislipidemia

Daftar pertanyaan antara lain :

  1. Agus Winarso : Berapa lama penyembuhan dislipidemia dengan akupuntur? Mengapa pria dibawah 50 tahun, lebih tinggi terkena dislipidemia? Apakah dalam pengobatan dislipidemia letak titik titik akupuntur sama dengan pengobatan dengan akupresur? Bagaimana deteksi dislipidemia dapat dilakukan oleh orang awam?
  2. Ni Luh Made Dwi Kartika : Apakah dengan melakukan akupresure akan sama efektifitasnya dengan akupuntur, jika dengan akupresure berapa kali terapinya, dan apa tanaman herbal yang bagus/ baik untuk membantu mengurangi displidiemia? Adakah hubungan fase menopause dengan sindrom dislipidemia secara tcm?
  • Peyerahan sertifikat secara simbolis oleh Ketua PPTKTKI kepada ketiga Narasumber
  • Foto bersama
  • Penutup

Leave a Reply

KALENDER

May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

PENGUNJUNG

  • 1
  • 76
  • 32
  • 100,540